PIPELINE CURRENT MAPPER

Penggunaan Pipeline Current Mapper (PCM) saat ini sudah sangat umum dilakukan dalam kegiatan survey maupun asesmen karena kemudahan dan kepraktisan penggunaan alat. Dengan menggunakan PCM maka kegiatan survey dapat dilakukan sekaligus mencari jalur pipa dan lokasi adanya suspect coating defect dalam satu alat. Survey coating defect menggunakan PCM tergolong jenis survey ACVG. Dengan menggunakan alat yang bernama A frame maka lokasi suspect coating defect dapat dilokalisir hingga 1 meter.

Survey PCM yang dikombinasikan dengan CIPS sangat efektif untuk mendapatkan kondisi sistem proteksi katodik pada suatu jaringan sekaligus mengidentifikasi kondisi coating defect. Sehingga dapat segera dilakukan perbaikan untuk menghindari terbentuknya korosi.

Apotik katodik berpengalaman untuk melakukan survey PCM, dalam berbagai kegiatan asesmen terutama asesmen jaringan pipa bawah tanah. Karena PCM dapat digunakan untuk lokasi permukaan tanah yang beraspal ataupun beton, maka PCM sangat baik untuk digunakan di daerah perkotaan. Berdasarkan pengalaman kami, terkadang kepadatan arus lalu lintas akan mengganggu signal yang diterima oleh receiver,maka untuk lokasi yang padat lalu lintas pelaksanaan survey dapat dilakukan malam menjelang dini hari saat sepi. 

PENGALAMAN PIPELINE CURRENT MAPPER SURVEY

Berikut sebagian pekerjaan yang melibatkan tim kami dalam kegiatan PCM 

  • Assesment pipa gas bawah tanah 16" Pluit, April 2010
  • Survey Jalur pipa gas crossing jalan di kawasan Industri wilmar Cilegon, Juli 2013,
  • Tracking jalur pipa gas di daerah menteng, Jakarta 2014
  • Tracking jalur pipa gas di serpong, Tangerang Selatan 2014

REFERENSI SEPUTAR PIPELINE CURRENT MAPPER