DIRECT CURRENT VOLTAGE GRADIENT

DCVG adalah metode survey dengan cara mengukur perubahan potensial gradien sepanjang pipa dan disekitar pipa dengan tujuan untuk mencari cacat coating. Biasanya survey DCVG dilakukan berbarengan dengan  CIPS, karena indikasi cacat coating ditemukan pertama kali saat melakukan CIPS. Untuk mendapatkan lokasi persis cacat coating dilakukan DCVG dilokasi yang dicurigai tersebut.

Standard untuk melakukan DCVG dapat menggunakan standard NACE SP 0207, SP 0205 dan NACE TM  0109 ataupun standard yang dikeluarkan oleh SOLOMON. Kami juga dapat menyesuaikan dengan standard yang berlaku di perusahaan klien. Perbedaan mendasar dari standard NACE dan SOLOMON adalah dalam penentuan % IR Holiday minimal untuk dilakukan penggalian.

Selain menggunakan DCVG,  kami juga dapat melakukan pekerjaan penentuan lokasi coating defect dengan metode Alternating Current Voltage Gradient (ACVG) maupun Pearson Survey. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi kami.

PENGALAMAN DIRECT CURRENT VOLTAGE GRADIENT

Berikut sebagian pekerjaan yang melibatkan tim kami dalam kegiatan DCVG :

  • Close Interval Potential Survey (CIPS) dan Direct Current Voltage Gradient (DCVG) Pipa Bawah Tanah.Bontang. Mei 2008
  • Sales Gas Underground Pipelines Assessment Using Close Interval Potential Survey (CIPS) With DCVG, Pangkah Desember 2009
  • Jasa Close Interval Potential Survey (CIPS) dan Direct Current Voltage Gradient (DCVG) jalur pipa bawah tanah Cilacap sepanjang 246 Km, dan 2 x 70 Km, Agustus 2017
  • Assesment pipa bawah tanah menggunakan metode CIPS dan DCVG. Lampung dan Bekasi, April 2018

REFERENSI SEPUTAR DIRECT CURRENT VOLTAGE GRADIENT