CLOSE INTERVAL POTENTIAL SURVEY

Peletakan half cell atau elektroda reference akan berpengaruh terhadap hasil pengukuran potensial proteksi katodik. Hal ini disebabkan karena arus proteksi yang mengalir dari dan ke pipa dipengaruhi oleh tahanan tanah yang menyebabkan adanya Voltage drop/IR drop. Dengan adanya IR drop  tersebut maka pengukuran menjadi tidak akurat.

Semakin dekat elektroda reference dengan struktur logam/pipa logam maka IR drop akan semakin kecil dan pengukuran menjadi lebih akurat.

Close Interval Potential Survey (CIPS) adalah suatu metode pengukuran yang dapat membuat pengukuran seolah-olah dilakukan persis didekat permukaan struktur logam/pipa, sehingga IR drop dapat menjadi kecil sekali ataupun dapat diabaikan.Peralatan utama dari CIPS ini adalah current interrupter, data logger dan elektroda reference. 

Pada umumnya metode CIPS adalah mengumpulkan terlebih dahulu data logger dan kemudian mengolahnya dengan bantuan komputer, baru kemudian hasilnya dilaporkan kepada pemilik pekerjaan. Dengan data logger yang kami ciptakan, kami dapat memberikan hasil CIPS dengan cepat dihari yang sama secara akurat bahkan secara real time jika dibutuhkan.  Untuk info lebih lanjut, dengan senang hati kami siap dihubungi.

PENGALAMAN CLOSE INTERVAL POTENTIAL SURVEY

Berikut sebagian pekerjaan yang melibatkan tim kami dalam kegiatan CIPS sebagai berikut :

  • Close Interval Potensial Survey, onshore pipeline dia 16” x 22 Km, Sumbagsel, Agustus 2006
  • Close Interval Potential Survey (CIPS) dan Direct Current Voltage Gradient (DCVG) Pipa Bawah Tanah.Bontang. Mei 2008
  • Close Interval Potential Survey Pipa 20 inch Sepanjang 50 Kilometer, Balikpapan Oktober 2010
  • Sales Gas Underground Pipelines Assessment Using Close Interval Potential Survey (CIPS) With DCVG, Pangkah Desember 2009
  • Jasa Close Interval Potential Survey (CIPS) dan Direct Current Voltage Gradient (DCVG) jalur pipa bawah tanah Cilacap sepanjang 246 Km, dan 2 x 70 Km, Agustus 2017
  • Assesment pipa bawah tanah menggunakan metode CIPS dan DCVG. Lampung dan Bekasi, April 2018

Foto-foto pekerjaan dapat dilihat pada gallery

REFERENSI SEPUTAR CLOSE INTERVAL POTENTIAL SURVEY